Jelang Pilkades, Sragen Bentuk Satgas Antipolitik Uang Sampai ke Desa

Kodim Sragen - Jelang Pilkades, Sragen Bentuk Satgas Antipolitik Uang Sampai ke Desa Senin, 1 Juli 2019 pukul 13.45 s.d 14.30 be...




Senin, 1 Juli 2019 pukul 13.45 s.d 14.30 bertempat di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen dilaksanakan  Penandatanganan Nota Kesepahaman Pembentukan Satgas Anti Money Politik pada pelaksanaan Pilkades di Kab Sragen tahun 2019 sebagai penanggungjawab Drs.Tatag Prabawanto B, MM (Sekda Kab.Sragen) yang dihadiri lk 500 orang.

Hadir dalam acara tersebut dr.Hj.Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), Letkol Kav Luluk Setiyanto,M PM (Dandim 0725/Sragen), AKBP Yimmy Kurniawan S.IK, MH,MIK (Kapolres Sragen), Dedy Endriyatno (Wakil Bupati Sragen), Kapten Cpm Eko Heriyanto (Dansubdenpom IV/4-1 Sragen), Drs.Suhardi (Ketua Pengadilan Agama Sragen), Ahmad Yasin, SH.MH (Ketua Pengadilan Negeri Sragen), H.Hanif Hanani, SH, MH (Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sragen), Syarief Sulaiman Nahdi, SH,MH (Kajari Kab. Sragen), Drs. Tatag Prabawanto B.MM (Sekda Kab.Sragen), Para Asisten Setda Kab.Sragen, Kaban, Kadinas Kabag Kab.Sragen, Muspika Kab.Sragen, Lurah dan Kades Kab.Sragen, Anggota Kodim 0725/Sragen dan Yonif Raider 408/Sbh dan Tamu undangan lain.

Pembentukan satgas di tingkat kabupaten itu akan ditindaklanjuti dengan pembentukan satgas di tingkat kecamatan dan desa dengan tujuan untuk meminimalkan botoh dan praktik money politics.

Tanda tangan MoU tersebut disaksikan pimpinan daerah, pimpinan kecamatan, perwakilan panitia Pilkades tingkat desa, dan perwakilan Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Sragen. Dokumen MoU tersebut terdiri atas enam lembar yang berisi maksud dan tujuan, ruang lingkup, tugas dan tanggung jawab, pelaksanaan, pembiayaan, dan jangka waktu. MoU tersebut berlaku sejak ditetapkan.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyatakan Pemkab Sragen serius membentuk Satgas Antipolitik Uang dalam Pilkades Serentak 2019 yang digelar pada 26 September 2019 mendatang.

Yuni, sapaan Bupati, prihatin dengan banyaknya politik uang dalam kontestasi pilkades di Sragen yang semakin hari semakin meningkat. Yuni sadar dengan banyaknya apriori di media sosial (medsos) dan obrolan di hidangan istimewa kampung (HIK) tentang keseriusan Pemkab Sragen.

Bahkan ada yang menyinggung pembentukan satgas tersebut tendensius bagi Yuni yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 supaya tidak keluar uang. Yuni tidak peduli dengan apriori dan tudingan itu.

“Pemkab hanya ingin hadir saat terjadi permasalahan di masyarakat. Bayangkan bila jadi kades menghabiskan dana miliaran rupiah, kalau sudah jadi apa yang dilakukan pertama kali? Pasti akan menghitung berapa utang yang harus dibayar dan dana yang dikembalikan. Kami tidak mau hal itu terjadi. Kami berharap pembentukan satgas bisa meminimalkan botoh dan bagi-bagi uang sehingga Sragen jadi contoh di Jateng dan Indonesia dalam pelaksanaan pilkades yang jujur dan adil,” ujarnya.

Bupati juga mewanti-wanti para aparatur sipil negara (ASN) supaya tidak coba-coba terlibat dalam pilkades. Jangankan jadi narasumber dalam pertemuan calon kades tertentu, Yuni pun melatang ASN hadir dalam deklarasi cakades dan ikut berpose dengan cakades atau dengan gaya atau simbol yang mengarah pada cakades tertentu.

“Satgas berwenang menindak kasus pidana politik uang. Satgas bekerja efektif setelah penetapan cakades pada Agustus mendatang. Kasus pelanggaran administrasi diserahkan kepada panitia pilkades tingkat desa,” ujarnya.

Yuni menerangkan atas pelanggaran politik uang bisa masuk pidana dan yang mengetahui sanksinya adalah kepolisian. Bagi ASN yang melanggar juga ada sanksi yang ditentukan pejabat pembina kepegawaian yakni Bupati.

Namun, Bupati menegaskan semua itu tentu harus ada bukti. Dia mengatakan masyarakat bisa melapor ke satgas karena satgas akan dibentuk dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa.

“Bahkan kami melibatkan tim sukses cakades dalam keanggotaan satgas di tingkat desa,” tuturnya. Di sisi lain, Bupati meminta aparat TNI/Polri harus netral dalam menyikapi pilkades. Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan menyampaikan siap melaksanakan isi MoU.

Dia mulai memetakan potensi kerawanan dalam pilkades. Dia berencana menempatkan dua personel bagi desa kategori tidak rawan, tiga personel bagi desa yang agak rawan, dan empat personel bagi desa yang rawan.

“Nama-nama desa itu masih dipetakan. Kebutuhan personel yang diterjunkan juga masih dipetakan, termasuk rencana meminta bantuan personel dari Polda Jateng. Untuk sanksinya, kami mengacu pada ketentuan KUHP,” tambahnya.

COMMENTS

Nama

berita,2838,berita satuan,2545,berita utama,2543,
ltr
item
KODIM SRAGEN: Jelang Pilkades, Sragen Bentuk Satgas Antipolitik Uang Sampai ke Desa
Jelang Pilkades, Sragen Bentuk Satgas Antipolitik Uang Sampai ke Desa
https://1.bp.blogspot.com/-m3p8DQRwmy0/XRqt5dj2pJI/AAAAAAAA4HE/exOMa4iEyGQA0ED08Q_lPP6bA7hn-6eVgCLcBGAs/s640/6b534690-095d-4397-9fb4-6ea2fa14b9ba.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-m3p8DQRwmy0/XRqt5dj2pJI/AAAAAAAA4HE/exOMa4iEyGQA0ED08Q_lPP6bA7hn-6eVgCLcBGAs/s72-c/6b534690-095d-4397-9fb4-6ea2fa14b9ba.jpg
KODIM SRAGEN
https://www.kodimsragen.com/2019/07/jelang-pilkades-sragen-bentuk-satgas.html
https://www.kodimsragen.com/
http://www.kodimsragen.com/
http://www.kodimsragen.com/2019/07/jelang-pilkades-sragen-bentuk-satgas.html
true
6887750314490366918
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy