SOSIALISASI RENCANA TINDAK DARURAT BENDUNGAN GONDANG

Kamis, 13 Desember 2018 pukul 10.55 s/d 12.40 bertempat di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen telah dilaksanakan Sosialisas...




Kamis, 13 Desember 2018 pukul 10.55 s/d 12.40 bertempat di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen telah dilaksanakan Sosialisasi Rencana Tindak Darurat Bendungan Gondang, sebagai penanggungjawab kegiatan Ir. Budhi Sucahyono, M.Si (Kepala Bagian Pengurus Sungai Bengawan Solo) diikuti sekitar 100 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Poerwito BP (Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah), Eko Yulianto (Kepala Dinas PU Provinsi Jawa Tengah), Drs. H Juliatmono, MM (Bupati Karanganyar), Letkol Inf Muhammad Ibrahim Muchtar Maksum (Dandim 0727/ Karanganyar), Letkol Kav Luluk Setyanto, M.PM (Dandim 0725/Sragen), AKBP Yimmy Kurniawan, SIk, MIK (Kapolres Sragen), Kompol Dyah Wuryaning Hapsari, SH (Wakapolres Karanganyar), Dedy Edriyatno, SE (Wakil Bupati Sragen), Ir. Budhi Sucahyono, M.Si (Kepala Bagian Pengurus Sungai Bengawan Solo), Perwakilan Kepala Dinas terkait di Kabupaten Karanganyar dan Sragen, Perwakilan Danramil dan Kapolsek jajaran Wilayah Kabupaten Karanganyar dan Sragen, Perwakilan Kepada Desa dan perangkat Desa di Wilayah Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

Dalam sambutannya  Ir. Budhi Sucahyono, M.Si (Kepala Bagian Balai Pembangunan Daerah Sungai Bengawan Solo) meng Bendungan Gondang sudah dilaksanakan sejak tahun 2016, dimana saat ini Progres pelaksanaannya sudah mencapai 96 %. Direncanakan Waduk Gondang akan diisi pertengahan April tahun 2019 pada saat musin kemarau. Dalam acara Sosialisasi ini bertujuan supaya apabila terjadi kegagalan dalam bendungan maka ada beberapa daerah yang perlu diwaspadai dalam rangka Tindak Darurat. Dengan kapasitas penampungan air yang banyak pasti akan berpengaruh pada bangunan bendungan, sehingga daerah-daerah yang perlu diwaspadai akan disosialisasikan dalam rangka mencegah terjadinya kerusakan di daerah.

Dedy Edriyatno, SE (Wakil Bupati Sragen), Bahwa Bendungan Gondang akan diresmikan sebelum pelaksanaan Pilpres tahun 2019, yang mana bendungan itu juga memerlukan antisipasi dari semuanya apabila memang nantinya Bendungan tersebut gagal, karena pasti dampaknya akan menjasi besar khususnya pada masyarakat. Dengan mengucap Bismillah Waki Bupati Sragen selaku tuan rumah dalam acara telah membuka Sosialisasi Rencana Tindak Darurat Bendungan Gondang yang lokasinya berada diantara Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen.

Inti Sosialisasi yang di sampaikan oleh Ibu Wiryanti Indah Palupi,ST( Konsultan PT. Multi Merah Harapan Jakarta) : Rencana Tindak Darurat (RTD) adalah suatu panduan yang memberikan petunjuk tindakan darurat yang harus dilaksanakan dalam wilayah rawan terhadap bahaya akibat jika ada keruntuhan bendungan dan atau terjadinya keluaran air dari bendungan yang melebihi kapasitas tampung sungai di hilirnya. Keadaan Darurat adalah suatu keadaan yang diperkirakan mempengaruhi keamanan bendungan dan terjadinya keluaran air dari bendungan yang melebihi kapasitas tampung sungai, sehingga diperlukan tindak darurat guna melindungi manusia dan harta benda dibagian hilir bendungan.  Maksud pembuatan Rencana Tindak Darurat adalah untuk menyiapkan panduan / petuniuk bagi petugas Pengelola Bendungan dan Instansi Terkait untuk mengambil tindakan jika terjadi kondisi darurat bendungan. Tujuannya adaIah memberi petuniuk yang sistematis, untuk mengenali problem-problem yang mengancam keamanan bendungan, mempercepat respon yang efektif untuk mencegah terjadinya kerumuhan bendungan.

Mempersiapkan upaya-upaya untuk memperkecil risiko jatuhnya korban jiwa dan mengurangi kerusakan property, bila terjadi keruntuhan bendungan. Saran supaya mengamankan bendungan Gondang agar tidak terjadi kegagalan struktur bendungan dengan meminimalkan kerugian jiwa dan harta benda penduduk yang bermukim pada daeruh yang berpotensi terkena resiko akibat kegagalan bendungan. Keadaan Darurat pada Bendungan dan Hal-hal yang perlu diwaspadai adalah Bujan badai, Gempa bumi, Puting beliung dan Sabotase.  Penyebab Kegagalan Bendungan dan Kegagalan rembesan bisa terjadi karena Longsoran pada tubuh bendungan atau fondasi dan Kegagalan struktural, serta Kegagalan karena peluapan (overtopping). Upaya meminimalkan kemungkinan kondisi darurat adalah dengan melakukan pemantauan keamanan bendungan dengan alat pemantau keamanan bendungan, meliputi Peralatan hidrologi dan klimatologi, serta Peralatan pemantau gerakan / pergeseran tubuh bendungan Pemantau rembesan / bocoran.

Secara umum Rencana Tindak Darurat meliputi dua kegiatan yaitu pengamanan terhdap bendungan dibawah tanggunghawab pengelola Bendungan dan pengamanan terhadap masyarakat di Hilir bendungan, dibawah tanggungjawab pemerintah daerah. Tugas dan Tanggungjawab Kepala Pengelola Bendungan dalam kondisi Darurat yaitu Memimpin langsung pelaksanaan operasi, pemeliharaan dan pemantauan Bendungan pada keadaan darurat dan Mengundang/menugaskan Ahli Bendungan untuk membantu melakukan pemeriksaan dan evaluasi terhadap problem keamanan Bendungan yang muncul. Menetapkan status kondisi darurat Bendungan dan dimulainya pelaksanaan RTD Bendungan berdasarkan Iaporan pemeriksaan dan evaluasi dari Kepala Unit Pengelolaan Bendungan dan Ahli Bendungan dan menetabkan perubahan status kondisi Bendungan dengan mempertimbangkan Iaporan pemeriksaan dan evaluasi dari Kepala Unit PengeIoIa Bendungan dan Ahli Bendungan. Memberi pengarahan tindakan tindakan tertent, seperti pembukaan dan penutupan pintu intake, perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi, dan tindakan Iain yang diperlukand dan Penetapan area terbatas pada Bendungan saat keadaan darurat.

Desa terdampak Banjir meliputi  5 Desa di 2 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar dan 26 Desa di 5 Kecamatan di Kabupaten Sragen, sedangkan Jumlah penduduk terkena resiko sebanyak 27.600 jiwa tersebar di wilayah terdampak. Waktu datang banjir tercepat di Dusun Sudangan Desa Gempolan Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar yaitu 25 menit, dengan kedalaman banjir 2 -3 m di pemukiman, sedangkan pada badan sungai kedalaman banjir mencapai 6 m. Waktu datang banjir pada titik terjauh yaitu di desa Tangkil Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen adalah 15 jam dengan kedalaman banjir 0 1 m.  Waktu surut rata-rata di bagian hulu adalah 15 jam. Sedangkan waktu surut rata-rata di Hilir  adalah 25 jam, terhitung sejak kejadian dampak.
Tugas dan tanggungjawab penyelamatan di Hilir Pemerintah Daerah meliputi Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi mengendalikan kegiatan pembinaan pembangunan daerah. BPBD mengkoordinir kegiatan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsian. Penyiapan lokasi dan jalur pengungsian. Dinas Kesehatan melakukan pelayanan kesehatan dan medik termasuk obat-obatan dan para medis. Dinas Sosial, melakukan pelayanan kebutuhan pangan, sandang. Dan kebutuhan dasar Iainnya untuk para pengungsi.  Dinas Pekerjaan Umum atau SDA, melakukan pemulihan pemulihan sarana dan prasarana. 

Dinas Perhubungan melakukan pelayanan dan kebutuhan transportasi dan pengaturan jalur transportasi. Dinas Komunikasi dan Informasi melakukan pelayanan komunikasi dan informatika. Camat bersama Lurah, mengkoordinir masyarakat di wilayah masing-masing ke tempat yang aman.  BMKG melakukan pelayanan diteksi dini dan informasi cuaca/meteorologi. TNI/POLRI membantu dalam kegiatan SAR, dan pengamanan saat darurat termasuk mengamankan lokasi yang ditingggalkan karena penghuninya mengungsi. Lembaga Non-Pemerintah seperti : PMI, SAR, ORARIIRAPI, TAGANA, memiliki fleksibilitas dan kemampuan yang memadai dalam upaya penanggulangan bencana.

Keadaan darurat pada bendungan dinyatakan berakhir, jika bendungan dan bangunan penunjangnya sudah dilakukan perbaikan seperlunya, tidak ada lagi gejala bahwa air waduk akan berusaha keluar dalam jumlah yang cukup membahayakan, dan keadaan keseluruhan bendungan telah dinyatakan cukup aman oleh Balai Bendungan. Apabila bendungan sudah dinyatakan aman, maka Pengelola Bendungan dalam hal ini BBWS Bengawan Solo harus memberitahu ke Gubernur Jawa Tengah / BPBD Jawa Tengah, bahwa bendungan telah berada dalam kondisi aman.




COMMENTS

Nama

berita,928,berita satuan,632,berita utama,631,
ltr
item
KODIM SRAGEN: SOSIALISASI RENCANA TINDAK DARURAT BENDUNGAN GONDANG
SOSIALISASI RENCANA TINDAK DARURAT BENDUNGAN GONDANG
https://1.bp.blogspot.com/-Hx9GUOAhBkQ/XBMWRGZcLQI/AAAAAAAA2Ow/fTW2pxep0T0vYLTK6BvJ0ucxU4aImZnWwCLcBGAs/s400/IMG-20181213-WA0005.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Hx9GUOAhBkQ/XBMWRGZcLQI/AAAAAAAA2Ow/fTW2pxep0T0vYLTK6BvJ0ucxU4aImZnWwCLcBGAs/s72-c/IMG-20181213-WA0005.jpg
KODIM SRAGEN
http://www.kodimsragen.com/2018/12/sosialisasi-rencana-tindak-darurat.html
http://www.kodimsragen.com/
http://www.kodimsragen.com/
http://www.kodimsragen.com/2018/12/sosialisasi-rencana-tindak-darurat.html
true
6887750314490366918
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy