GUBERNUR JATENG BUKA PAMERAN PRODUK INOVASI 2018 DAN SRAGEN MULTI EVENT 2018

    Jum’at, 21 September 2018 pukul 13.20 s.d 18.00 bertempat di Gedung Sasana Manggala Sukowati Kab. Sragen telah berlangsung Pembuka...


  

Jum’at, 21 September 2018 pukul 13.20 s.d 18.00 bertempat di Gedung Sasana Manggala Sukowati Kab. Sragen telah berlangsung Pembukaan Pameran Produk Inovasi 2018 dan Sragen Multi Event 2018, oleh H.Ganjar Pranowo, SH.,M.IP (Gubernur Jateng) sebagai penanggung jawab kegiatan Bappeda Kab. Sragen yang di ikuti lk 10.000 orang. 

Hadir dalam kegiatan tersebut H.Ganjar Pranowo, SH.,M.IP (Gubernur Jateng), Taj Yasin Maimoen (Wakil Gubernur Jateng), DR.Ir.Jumain, Appe M.Si (Mewakili Dirjen Penguatan Inovasi Kementrian Menristekdikti RI ), DR.Adi Suryanto M.Si ( Kepala LAN RI ), Dr. Ir. Sri Puryono KS MP(Sekda Jawa Tengah), Brigjen TNI Agus Bakti Fadjari SIP.,M.Si (Kasdam IV/Dip), Brigjen Pol Drs. Luthfi, SH. S.S.T. MK (Waka Polda Jateng), Agustina Wilujeng Pramestuti,SS (Komisi IV DPR RI Faksi PDI P), dr Hj.  Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), Letkol Arh Camas Sigit Prasetiyo,  M.MDS (Dandim 0725/Sragen), AKBP Arif Budiman SIK. MH (Kapolres Sragen) , Dedy Endriyatno,SE (Wakil Bupati Sragen), Drs. Tatag Prabawanto B, MM (Sekda Kab. Sragen), Perwakilan Bupati/Walikota Se-Jawa Tengah, Para Asisten I, II, III Setda Kab. Sragen, FKPD Kab. Sragen, Ka Badan/Dinas Instansi sek Kab.Sragen Camat se Kab. Sragen, Tamu Undangan lainnya, Peserta Pameran Produk Inovasi 2018 dan Sragen Multi Event 2018 serta  Masyarakat Sragen

dr.Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen) mengungkapkan berkoordinasi dengan semua pihak adalah tantangan tersendiri karena saya merangkap sebagai ketua Panitia dalam penyelenggaraan acara ini.  Kami harap hadirin dapat membeli dan membawa barang belanjaan dari Stand yang ada disini dan semoga tidak mengecewakan. Dalam penayangan potensi Sragen sengaja kami tidak tampilkan gunung kemukus karena kami berusaha untuk menghilangkan konotasi negatif dan Gubernur berjanji akan mengatasi dalam mengubah konotasi negatif tersebut sehingga tahun depan dalam acara yang menampilkan potensi daerah dapat ditampilkan potensi gunung kemukus.


Sambutan H.Ganjar Pranowo, SH.,M.IP (Gubernur Jawa Tengah) mengatakan puji syukur senantiasa kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan Hidayahnya, sehingga bisa bertemu dan bersilaturahmi disini, Kedaulatan pangan menentukan Kedaulatan suatu negara, untuk itulah Presiden RI Ir. Joko Widodo memasukkan kedaulatan pangan ini menjadi salah satu program agenda prioritas. Kedaulatan pangan dicerminkan pada kekuatan untuk mengatur masalah pangan secara mandiri, yang perlu didukung dengan:   Ketahanan pangan, terutama kemampuan mencukupi pangan dari produksi dalam negeri.Pengaturan kebijakan pangan yang dirumuskan dan ditentukan oleh bangsa sendiri  dan mampu melindungi dan mensejahterakan pelaku utama pangan, terutama petani dan nelayan.  Kedaulatan pangan akan terwujud dimulai dengan tercapainya Ketahanan Pangan (sesuai UU No 18 tahun 2012 tentang Pangan), dimana keberhasilannya melibatkan Peran Lintas Sektor dan masyarakat. 

Pada Isu Strategis Kedaulatan Pangan, Pemprov. Jateng menetapkan arah kebijakan dan prioritas dengan Mewujudkan ketahanan pangan masyarakat dan daya saing pangan. Potensi Provinsi Jawa Tengah meliputi: Penduduk dengan jumlah 34.257.861 jiwa; luas 3,25 juta ha (1,70 dari Luas Indonesia); Lahan sawah 992 ribu ha dan Lahan bukan sawah 2,26 juta ha; 29 Kabupaten den 6 Kota; 573 Kecamatan serta 7.809 desa dan 769 kelurahan. Komoditas unggulan pendukung pangan : Padi, jagung, kedelai, bawang merah, kentang, cabe besar, tebu, daging, susu, telur dan ikan. Jateng terus bergerak pada capaian positif untuk berkontribusi bagi perwujudan daulat pangan negeri ini.

Kontribusi Jawa Tengah terhadap Kebutuhan Pangan Nasional adalah, Angka produksi Beras Nasional berdasarkan Asem 2017 sebanyak 81.042.874 ton, angka produksi Jateng sebesar 11.395.395 ton atau 14,06 %, menempati urutan ke tiga setelah Jawa Barat (15,21%) dan Jawa Timur (16,120/0). Jagung angka produksi Nasional 28.925.710 ton, Jateng 3.577.507 ton (12.37%), menempati urutan ke dua setelah Jawa Timur. Kedelai angka produksi Nasional 538.253 ton, Jateng 105.553 ton (19,61%) atau menempati urutan ke dua setelah Jawa Timur (37,330/0).  Kebijakan pembangunan pertanian mewujudkan Ketahanan Pangan di Jawa Tengah antara Iain melalui :  Upaya Pengendalian Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LPZB) melalui Perda No. 2 Tahun 2013 tentang Perlindungan LPZB Prov. Jateng dijabarkan menjadi Pergub  2013 tentang Pedoman pengembangan dan Pembinaan LPZB dan Pergub No. 47 tahun 2013 tentang Petunjuk teknis, kriteria persyaratan dan tata cara alih fungsi Iahan LPZB Prov. Jateng.

LPZB yang ditetapkan yaitu 1.022.570,86 ha (Perda No. 6 tahun 2010 tentang RT RW Pemprov. Jateng). Upaya Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, dengan keluarnya Perda No. 5 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani dan ditindaklanjuti dengan Pergub tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda tersebut. Secara langsung upaya yang dilakukan antara lain melalui penerapan Kartu Tani.  Pelaksanaan Integrated Farming System  bekerjasama  dengan UGM dan Perhutani dengan penerapan sistem aman terpadu dalam kawasan hutan dilaksanakan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). 

Peningkatan Produksi melalui penerapan Sapta Usaha Tani secara optimal meliputi :  Benih/bibit unggul: Penggunaan varietas unggul baru. Pengolahan Iahan yang baik mekanisasi: Penyehatan tanah dengan mengoptimalkan pupuk berimbang, bahan organik dan agensia hayati serta Tata tanam jajar legowo, Gerakan olah tanah dan tanam serentak. Pemupukan yang tepat: Tepat waktu,  jenis dan dosis, serta mengoptimalkan pupuk organik . Pengendalian OPT secara terpadu:  Kegiatan Stop Spot untuk menekan Sangguan OPT . Pengairan/Irigasi yang cukup: Perbaikan Jaringan irigasi dan embung, pendampingan P3A dan GP3A lebih intensif, Pompanisasi terutama daerah kekeringan serta penggunaan air melalui irigasi berselang atau Intermitten.Penerapan pasca panen yang baik Efesiensi perlakuan panen dan pasca panen.  Pemasaran Hasil Pertanian dengan menjaga kualitas tanaman yang dibudidayakan. Meski demikian faktor tata niaga juga sangat berpengaruh terhadap pendapatan petani. Saat ini kondisi tata niaga khususnya pangan pokok masih merupakan rantai distribusi yang panjang (produsen/ petani pengepul pedagang besar pengecer konsumen). Idealnya adalah bagaimana bisa memperpendek alur tata niaga dari produsen konsumen atau produsen pengecer konsumen. 

Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) melalui Toko Tani Indonesia (TTI), untuk menyerap produk pertanian dengan harga yang layak dan menguntungkan petani khususnya bahan pangan pokok dan strategis, mendukung stabilisasi pasokan dan harga, memberikan kemudahan akses bagi konsumen terhadap bahan pangan pokok dan strategis, dengan harga yang terjangkau dan wajar. Perluasan Akses Informasi melalui Panel harga pangan . Panel harga pangan dilaksanakan di 35 kab/kota se-Jawa Tengah. 




COMMENTS

Nama

berita,405,berita satuan,108,berita utama,107,
ltr
item
KODIM SRAGEN: GUBERNUR JATENG BUKA PAMERAN PRODUK INOVASI 2018 DAN SRAGEN MULTI EVENT 2018
GUBERNUR JATENG BUKA PAMERAN PRODUK INOVASI 2018 DAN SRAGEN MULTI EVENT 2018
https://1.bp.blogspot.com/-VHbDGfU3p2U/W6h3IabAJtI/AAAAAAAA0rE/sGg2STOjCdoi7fwaLbjJeHJyU-b7DCxKgCLcBGAs/s400/IMG_20180921_151338.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VHbDGfU3p2U/W6h3IabAJtI/AAAAAAAA0rE/sGg2STOjCdoi7fwaLbjJeHJyU-b7DCxKgCLcBGAs/s72-c/IMG_20180921_151338.jpg
KODIM SRAGEN
http://www.kodimsragen.com/2018/09/gubernur-jateng-bukaan-pameran-produk.html
http://www.kodimsragen.com/
http://www.kodimsragen.com/
http://www.kodimsragen.com/2018/09/gubernur-jateng-bukaan-pameran-produk.html
true
6887750314490366918
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy