CINTA SENI, PERSIT KODIM SRAGEN BELAJAR MEMBATIK

    Batik tak sekedar sebagai hasil karya semata. Lebih dari itu, batik adalah identitas sekaligus bagian dari jati diri bangsa Indonesi...


  
Batik tak sekedar sebagai hasil karya semata. Lebih dari itu, batik adalah identitas sekaligus bagian dari jati diri bangsa Indonesia. Maka dari itu, mencinta kain nusantara ini menjadi sebuah keniscayaan. Nah, inilah yang dilakukan oleh ibu2 Persit Kodim 0725/Sragen yang di pimpin oleh Ibu Ketua Persit KCK cab XLVI Ny. Dita Camas Prasetyo untuk menunjukkan kecintaanya terhadap seni membatik. 

Sebagai pemula, tentu tak mudah, karena proses membatik membutuhkan keuletan dan ketekunan. Wiwin muji lestari pemilik gerai batik Windasari  mengungkapkan bakat juga mempengaruhi seseorang untuk mempelajari teknik membatik. Sama seperti melukis, jika seseorang memiliki bakat maka akan menjadi lebih bagus.

“Saya mempelajari batik sejak masih kecil. Kalau masyarakat yang belajar tergantung dari niatnya. Ada yang ingin produksi buka usaha atau sekedar belajar katanya dalam acara kunjungan ibu2 Persit kodim 0725/Sragen di perusahaan batik milik mbak Wiwin muji lestari Rabu (26/09/2018) Ds. Kliwonan Kec. Masaran Kab. Sragen.

Wiwin menyebut batik adalah ilmu terapan sehingga tak perlu banyak teori tetapi bisa langsung praktik. Keterampilan menggunakan canting dan menggoreskannya di atas kain juga tergantung pada bakat seni.

“Tentu akan dipengaruhi oleh bakat. Goresannya akan lebih bagus kalau bakat. Setiap orang akan berbeda hasilnya. Batik tulis akan terihat detailnya agak lebih berbeda antara tiap motifnya, karena goresannya juga berbeda,” jelasnya.

Ada beberapa tahapan bagi pemula untuk belajar membatik. Bagi masyarakat yang penasaran, bisa mengunjungi gerai batik Winda Sari untuk mendapat bimbingan. Berikut tahapannya: Siapkan Peralatan, salah satunya kain mori yang sudah dipola dan akan dibatik atau ditata. Saat hendak membatik, posisi kain harus tidur ditelapak tangan, jangan diberdirikan. Hal itu akan mempengaruhi setiap goresan.

Tahap kedua Panaskan Malam atau Lilin, malam atau lilin pada teknik batik itu berfungsi sebagai perintang warna. Perintang artinya tak masuk warna. Setelah dikasih lilin maka kain akan melewati proses pewarnaan. Lilin harus sering diganti agar tak beku.Teknik selanjutnya adalah cara memegang Canting, setelah siap, masukkan cairan lilin ke dalam canting. Pegang gagang canting dengan tiga jari. Posisinya 45 derajat. Jangan memegang canting dengan tegak karena nanti akan membuat lilin meluber dan mengotori kain.

Berikutnya Mulai Membatik, batiklah kain dengan perlahan. Kelingking ditempelkan ke kain agar goresan lebih stabil. Ujung canting juga jangan ditekan, tetapi cukup di permukaan saja. Bagian Belakang, Ternyata tak hanya bagian depan kain saja, bagian belakang kain pun perlu dibatik. Goresan hanya tinggal menebalkan tembusan goresan dari bagian depan.
Tahap Pewarnaan, Setelah selesai, lalu lakukan pewarnaan, jika ingin menunggu esok, maka lipat kain dengan benar agar lilin yang sudah dituangkan dalam kain tak menimbulkan patahan. Lakukan pewarnaan sesuai warna yang diinginkan. Pelorotan, yakni setelah diberi warna, lilin pada kain akan dilorot, atau pelorotan. Direbus dengan air mendidih, maka lilin akan meleleh. Kain yang diberi lilin akan bewarna putih tergantung mengikuti motifnya. Kemudian bilas menggunakan air bersih, lalu dijemur di tempat yang teduh.





COMMENTS

Nama

berita,405,berita satuan,108,berita utama,107,
ltr
item
KODIM SRAGEN: CINTA SENI, PERSIT KODIM SRAGEN BELAJAR MEMBATIK
CINTA SENI, PERSIT KODIM SRAGEN BELAJAR MEMBATIK
https://2.bp.blogspot.com/--WvHeuCg13Y/W6snruucpEI/AAAAAAAA0t4/9QZ0oiwW94EE3V62XEVtmsX9l4ZTsmHZwCLcBGAs/s400/IMG-20180926-WA0019.jpg
https://2.bp.blogspot.com/--WvHeuCg13Y/W6snruucpEI/AAAAAAAA0t4/9QZ0oiwW94EE3V62XEVtmsX9l4ZTsmHZwCLcBGAs/s72-c/IMG-20180926-WA0019.jpg
KODIM SRAGEN
http://www.kodimsragen.com/2018/09/cinta-seni-persit-kodim-sragen-belajar.html
http://www.kodimsragen.com/
http://www.kodimsragen.com/
http://www.kodimsragen.com/2018/09/cinta-seni-persit-kodim-sragen-belajar.html
true
6887750314490366918
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy